Selasa, 29 Maret 2011

Pendekatan pembelajaran



Pendekatan (approach), adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau obyek kajian, sehingga berdampak ibarat seseorang memakai kacamata dengan warna tertentu di dalam memandang alam sekitar. Kacamata berwarna hijau akan menyebabkan lingkungan sekitar kelihatan serba kehijau-hijauan, dsb., (T Raka Joni). pendekatan ekonomi dalam memandang permasalahan pendidikan, menjadikan hampir semua pembahasannya dibawa ke dalam terminologi investasi dan hasil usaha, Pembelajaran:
-           Materi pembelajaran
-           Bagaimana menyajikan materi pembelajaran
-           Hasil belajar yang efektif, efisien dan memiliki daya tarik
- Pendekatan politik dalam memandang permasalahan pendidikan akan selalu dikaji dalam kaitannya dengan kekuasaan, birokrasi, hak dan kewajiban,
- Pendekatan CBSA dalam memandang pembelajaran selalu siswa yang menjadi orientasi setiap kegiatan, dsb.

Pendekatan pembelajaran, cara memandang pembelajaran sebagai suatu kegiatan penyajian bahan ajar yang memudahkan siswa dalam belajar, sehingga kemampuan yang diharapkan dapat terwujud secara efektif, efisien dan memiliki daya tarik. Pendekatan pembelajaran, cara dalam mengelola kegiatan instruksional untuk menyampaikan materi atau isi pelajaran secara sistematis, sehingga kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh siswa secara efektif dan efisien, (Atwi Suparman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasi komentar donk supaya blog ini lebih bagus dan lebih bermanfaat