Kamis, 17 Maret 2011

neysha education: hubungan manajemen kelas dan pelaksanaan layanan bimbingan konseling dengan mutu pembelajaran

Korelasi Penguasaan Kosakata dan Kalimat Efektif terhadap Keterampilan Menulis Wacana Eksposisi oleh Siswa Kelas XI SMA N 1 Kotanopan TP. 2010/2011.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis wacana eksposisi siswa, (2) untuk mengetahui korelasi penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis wacana eksposisi siswa, (3) untuk mengetahui korelasi penguasaan kosakata dan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi siswa.
Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) seberapa efektif korelasi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi siswa Kelas XI SMA N 1 Kotanopan, (2) seberapa efektif korelasi kalimat efektif terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi siswa Kelas XI SMA N 1 Kotanopan, (3) seberapa kuat korelasi penguasaan kosakata dan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi siswa kelas XI SMA N 1 Kotanopan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskristif korelasi. Data yang digunakan sebagai alat pengumpul data berupa tes tulisan dalam bentuk pilihan berganda dengan empat pilihan alternatif (a, b, c, dan d) dan 1 tes kemampuan menulis wacana eksposis oleh siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Dari 235 siswa/i, adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment, regresi sederhana, regresi regresi ganda, alpha cronbach, dan uji ANOVA. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS.13 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi. Koefisien korelasi product moment yang diperoleh adalah 0,776 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (2) terdapat korelasi yang signifikan antara kalimat efektif terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi siswa. Koefisien korelasi product moment yang dihasilkan sebesar 0,796 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (3) terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dan kalimat efektif secara bersama-sama dengan koefisien korelasi sebesar 0,797 terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y= 49,264 + 0,422X1 + 1,955X2. Uji F menghasilkan angka 20,620 dengan alpha 0,05. Persamaan regresi ini signifikan karena sig yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa koefisien korelasi antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi apabila dibandingkan dengan koefisien korelasi antara kalimat efektif terhadap keterampilan menulis wacana eksposisi siswa. Hal ini menjadi indikasi bahwa kalimat efektif mempunyai cakupan yang lebih luas jika dibandingkan dengan penguasaan kosakata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasi komentar donk supaya blog ini lebih bagus dan lebih bermanfaat